Pages

Minggu, 17 Juni 2012

Our IT

A – GPS
Assisted Global Positioning System

A –GPS merupakan kelanjutan dari GPS yang tentunya sudah disempurnakan tentunya sebagai satelit penentu posisi di belahan bumi.
Adanya Advanced Positioning yang ada dalam A – GPS merupakan metode penentuan posisi yang mempunyai tingkat akurasi tertinggi dibanding metode deteksi posisi lainya seperti Time Difference Of Arrival, maupun Enchanced Observed Time Difference jadi  A – GPS lebih efisien dan efektif dalam mengaakses informasi dari satelit karena nggak perlu lagi buat nyari data  satu persatu dari ke-24 satelit yang ada, tapi A – GPS telah mengetahui sasaran (satelit ) mana yang dituju.
System A- GPS pnya 3 bagian yang sangat penting ,lebih jelasnya ada sedikit uraian yang bisa buat kita sedikit ngeeh… ^-^

Yang pertama, bagian KONTROL
            Dilihat dari sekilas aja udah ketahuan kalo bagian ini buat mengontrol. Bagian ini melacak orbit satelit, lokasi, ketinggian, dan kecepatan. Sinyal – sinyal dari satelit diterima oleh bagian control ,dikoreksi, buat dikirim kembali ke satelit. Koreksi data lokasi yang tepat dari satelit disebut sebagai data ephermis,yang nantinya dikirimkan ke alat navigasi kita

Bagian ANGKASA
            Bagian ini terdiri dari kumpulan – kumpulan satelit yang berada di orbit bumi, sekitar 12.000 mil diatas permukaan bumi.
Kumpulan satelit – satelit diatur sedemikian rupa sehingga alat navigasi setiap saat dapat menerima paling sedikit sinyal dari empat buah satelit. Data yg dihasilkan berguna bagi alat navigasi untuk mengukur jarak antara alat navigasi dengan satelit,yang nantinya digunakan untuk mengukur koordinat lokasi. Kekuatan sinyal ini juga akan membantu alat dalam perhitungan. Kekuatan sinyal ini lebih dipengaruhi oleh lokasi satelit.

Bagian PENGGUNA
Bagian ini terdiri dari alat navigasi yang digunakan. Satelit akan memancarkan data almanak dan ephemeris yang akan diterima oleh alat navigasi secara teratur.

Dari sinyal – sinyal yang dipancarkan oleh kumpulan satelit tersebut alat navigasi akan melakukan beberapa perhitungan, dan hasil akhirnya adalah koordinat posisi alat tersebut. Makin banyak jumlah sinyal satelit yang diterima oleh sebuah alat, akan membuat alat tersebut menghitung koordinat posisinya dengan lebih tepat.

Ada banyak hal yang dapat mengurangi kekuatan sinyal satelit,antara lain :
1.     Kondisi geografis. Selama kita masih dapat melihat langit yang cukup luas,jadi alat ini masih berfungsi
2.    Hutan. Makin lebat hutan,sinyal semakin berkurang
3.    Air. Tidak dapat digunakan saat kita menyelam
4.    Kaca film mobil,terutama yang mengandung metal
5.    Gedung – gedung
6.    Sinyal yang memantul,dapat mengacaukan perhitungan alat navigasi.

Saat ini masyarakat lebih kritis dalam memilah dan memilih segala sesuatu yang terbaik. Perlu kali ya sedikit ngasih penjelasan apa sih kelebihan A – GPS,mungkin penjelasan ini sedikit membantu..
1.     A – GPS dapat digunakan untuk navigasi. Dengan adanya teknologi satelit A-GPS dapat membantu untuk menentukan arah dan memberi informasi posisi kita di bumi
2.    A – GPS dapat digunakan waktu kita tracking, teknologi ini memungkinkan untuk pelacakan obyek bergerak
3.    Sebagai alat spionase,dalam militer teknologi ini digunakan untuk memata – matai musih
4.    Pengidentifikasian lokasi lebih cepat.

Pada dasarnya kita hidup di jaman sekarang tu udah anugrah banget. Berbagai kesulitan dapat teratasi dengan majunya IT. Salah satunya adalah adanya A – GPS,jadi gak usah takut lagi saat kita tersesat,… “_”
Mencoba it menyenangkan…….. J

0 komentar:

Posting Komentar